About Us

iamealogo

Adalah sebuah Organisasi Profesi : yang bertujuan untuk membantu memperjuangkan hak dan martabat Profesi Teknisi Pesawat Udara (Aircraft Maintenance Engineer) .

Organisasi ini berdiri atas dasar keperihatinan terhadap profesi Teknisi Pesawat Udara yang mengemban tugas mengawal keselamatan penerbangan Indonesia namun belum diakui dalam ketenaga kerjaan indonesia sebagai sebuah profesi dan perlakuan yang kurang adil dalam dunia penerbangan nasional dibandingkan dengan profesi yang sama di dunia internasional.

Maka mewakili seluruh teknisi pesawat udara indonesia para teknisi eks Garuda Indonesia , eks Bouraq, Merpati dan engineer dari maskapai lainnya serta personil inspektor DSKU pada tanggal 03-03-2004 mengadakan Musyawarah Besar Teknisi Pesawat Udara Indonesia yang diadakan di Gedung Karsa – Departement Perhubungan Republik Indonesia- Jl. Medan Merdeka Barat -Jakarta.

Organisasi ini adalah sebuah Organisasi Profesi bukan organisasi buruh atau serikat kerja sehingga wadah ini dibuat untuk membantu para teknisi indonesia dalam menghadapi segala permasalahannya sehubungan dengan profesinya, tidak termasuk permasalahan perburuhan dan ketenagakerjaan yang telah disepakati antara Teknisi Pesawat Udara dengan Perusahaannya.
Organisasi ini secara hukum telah mendapatkan pengesahan dengan Keputusan Mentri hukum dan Hak asasi Manusia RI no : AHU-76.AH.01.06 tahun 2008

26 Responses

  1. Berdasarkan penjelasan diatas, ITPI sampai sekarang belum ada pengaruhnya dalam profesi teknisi perawatan pesawat udara, coba perbaiki visi dan misi serta perbanyak sosialisasi supaya semua teknisi perawatan pesawat udara dalam bernaung di bawah lembaga ITPI sehingga ITPI sebagai lembaga profesi yang dapat membantu meningkatkan keselamatan penerbangan di Indonesia. Demikian komentar saya

    • Ass.
      We appreciate for the effort of promoting an organization such as ITPI .
      meskipun tahap awal masih pada wait and see, itulah tantangan FOLUNTEER,
      Lebih baik sebagai pendiri dari pada jadi “penderek” (follower).
      Kalau para PILOT bisa kompak, saya yakin teknisi akan lebih kompak lagi.
      BASICLY
      Persamaan nasib, profesi, orang pikir ini profesi yang bergengsi, karena punya SKILL “LANGKA” gak semua orang bisa /punya keahlian ini.
      teknisi bukan berkonotasi “tukang” ini profesi TERHORMAT, maka lets joint ITPI, ini wadah saudara untuk masa depan yang lebih baik.
      ” MAJU TERUS PANTANG MUNDUR”
      Salam dari TETUKO INSTITUTE, 0274 370686 jogja.

  2. Terima kasih Mas Irfan,. Itulah sebabnya kami sekarang mulai berusaha untuk mensosialisasikan ITPI melalui media internet, sama sama kita ketahui kita punya kesibukan yang sama, untuk berkumpul mensosialisasikan ITPI rasanya sulit sekali dengan segala keterbatasan kita. kini ada media internet, kita sudah punya http://www.itpi.or.id, maka kami berharap rekan-rekan mau bersama-sama sumbang saran, berkomunikasi lewat situs kita ini, tapi anehnya rekan-rekan kita sudah diinvite sulit sekali untuk berkunjung ke situs kita ini, tetapi mereka bisa aktif di facebook, menurut saya memang belum ada kesadaran kita secara menyeluruh untuk berjuang bersama membela profesi kita ini.
    Dan selamanya ITPI tidak akan berpengaruh dalam profesi teknisi pesawat udara indonesia, kalau para teknisinya enggan bergabung bersama ITPI ( tidak ada ikatan tanpa ada yang diikat…., betul kan ? ). terima kasih

  3. Trima Kasih atas masukannya nya Mas Irfan …. dalam perjalanan yang sangat panjang untuk membentuk organisasi profesi seperti ini apalagi untuk menjalankannya sangat tidaklah mudah Visi dan Misi kami dari dulu sudah jelas : safety,profesionalisme dan standarisasi ….
    tapi tidak akan ada artinya kalo Visi dan Misi tsb tanpa dukungan dari teman2 seprofesi ini , untuk menumbuhkan kesadaran teman2 inilah yg betul2 sangat sulit padahal untuk berkontribusi kan cuma ada 3 hal : yang paling ringan adalah mendaftar sbg anggota dan membayar iuran tahunan kemudian yang agak berat setelah memberikan iuran adalah menyumbangkan pemikiran (ide) dan yang paling berat adalah menjalankan semuanya ( ini adalah kewajiban dari mpengurus)

    Tapi Mas Irfan yang mungkin berkembang atau harapan dari teman2 adalh bahwa ITPI dapat menjadi pelindung atau solusi dari segala masalah yg ada di perusahaan dimana calon anggota bekerja .

    Ini yang harus di pahami bersama ITPI adalah organisasi profesi yang syah dan dapat memperjuangkan segala permasalahan yang berhubungan dengan profesi saja bukan ke pegawaian , ini yang harus di bedakan .

    Kalu permasalahan itu menyangkut profesi jangan segan2 silahkan buat tulisan dan akan kami tanggapi dan untuk diketahui bahwa ITPI sendiri sudah mempunyai pengacara yang cmengerti tentang dunia penerbangan …..

    Jadi marilah kita bertukar pikiran dulu melalui blog ini ajaklah rekan2 yang lain untuk ikut berpartisipasi dalam blog ini .

    Anda bisa bayangkan kami berjuang agar supaya ITPI dapat diakui keberadaannya di pemerintah dengan internnya kami berhubungan dengan dirjen sehingga kita dapat akses untuk pengurusan perpanjangan amel terutama yang bekerja di luar negri , mengadakan kursus human factor yang baru saja berlangsung tgl 2/3 april lalu yang merupakan penyelenggaraan yg ke 3 dan kegiatan itu semua di lakukan hanya oleh segelintir orang dengan anggaran yang sangat minim.

    Jadi tolong bantu Mas Irfan paling tidak ajak lah temen2 untuk bertukar pikiran di blog ini

    terima kasih
    Ign Budiarianto
    KADIV OPS ITPI

  4. Sampai saat ini anggota ITPI sudah berjumlah kurang lebih 200 orang, dan jumlah itu amat sedikit kalau dibandingkan dengan AMEL holder yang ada di Indonesia yang sudah mencapai lebih dari 5000 orang. Adalah kewajiban kita semua baik pengurus maupun anggota untuk mensosialisasikan asosiasi ini ke seluruh AMEL holder.

    Untuk diketahui bersama bahwa sudah ada beberapa kegiatan yang diikuti oleh ITPI, baik seminar ataupun kegiatan lainnya yang diselenggarakan baik oleh pemerintah/dirjen perhubungan udara maupun asosiasi profesi penerbangan di Indonesia seperti FPI (federasi pilot Indonesia), APG (Asosiasi pilot garuda). IATCA (indonesia air traffic controller association), Adbandara dll.

    Salah satu kegiatan yang sudah berjalan adalah kursus “HUMAN FACTOR IN AIRCRAFT MAINTENANCE”. baik initial maupun recurrent dan membantu aircraft engineer yang bekerja diluar negeri untuk pengurusan perpanjangan AMEL.

    Untuk kegiatan kursus/training, kami sudah mengirimkan surat ke Dirjen perhud untuk penambahan kursus/training yang lainnya yaitu : 1. Training SMS
    2. Basic planning
    3. Basic Inspection
    Mudah-mudahan dalam tahun ini ketiga training tersebut diatas sudah dapat kita laksanakan.

    Salah satu kewajiban ITPI adalah meningkatkan kompetensi dan profesionalisme anggotanya, sehingga diwaktu yang akan datang tidak ada lagi kesalahan/error yang diakibatkan oleh personil aircraft maintenance.

    Mari kita wujudkan dunia penerbangan indonesia zero incident/accident sehingga negeri tercinta ini dapat kembali dipercaya oleh dunia penerbangan internasional.

    Selamat berkarya dan semoga ALLAH SWT meridoi semua kegiatan kita…Amin ya Rabbal Alamin

    Wassalam
    Tarmuzih
    ITPI Training and Development Section

  5. daripada pada bengong…gosiip…ngedumel ndak karuan..bisa dicontoh digugu dan ditiru mas M Irfan….yah..!!! ITPI butuh trigger dan penetrasi psikologi…jadi jangan sungkan-sungkan untuk comment…baik – buruk tetap dianggap membangun…!! jangan merasa jadi teknisi pesawat kalo tidak pernah mau tahu adanya ITPI…cepat atau lambat akan berdampak kepada para Aircrfat Engineer di Indonesia…Swear, bagaimana keberadaan saudara- saudara teknisi diperhitungkan kalo saja mau tahu ITPI saja tidak mau…!! secara profesi hanya “ini” satu wadah yang secara pelan-pelan mampu mengangkat derajat dan martabat teknisi…!! jangan sok sudah hebat deh…terkadang saya sendiri merasa paling super..ketika ttd di AML Book..!!
    pushback terus terbang…hem alangkah hebatnya gua ini, tapi ternyata pada kenyataan lain itu semua ini hanyalah semu…!! pahamilah sendiri yah…takut pada nangis kalo diterusin….kasihan ya Teknisi Indonesia…

    enddel2
    biang keruh

  6. Setelah membaca visi dan misi dari ITPI saya ingin sedikit memberi saran atau katakanlah usulan. menurut saya ITPI baru sebagai organisasi provesi tak beda dengan organisasi propesI lainnya seperti IDI/ISEI dll sebagainya.
    Untuk itu lebih baik dibikin lagi suatu unit usaha/bisnis unit yang dipayungi oleh ITPU yang usahanya terdiri dari 1.Penyaluran tenaga2 teknik provesional/tenaga out soursing karena pada saat ini banyak sekali operator penerbangan /MRO dalam dan luar negeri yg membutuhkan teknisi pesawat udara yg provesional.
    2.Menyelenggarakan pelatihan2 yg berhubungan dengan provesi seorang teknisi.
    3.Melaksanakan in house training bagi anggota agar pengetahuan dalam ilmu penerbangan selalu update dan juga pengetahuan mengenai IT.

  7. betul pak enddel2, padahal kalo diterusin juga baik tuh….., biar pada nyadar………

  8. Saya sangat setuju dengan P’Tasman, bahwa Tekhnisi kita itu cukup dihargai di luar negeri ketimbang di negeri kita sendiri, buktinya banyak teman2 kita yang bisa bekerja di beberapa negara lain. Sayangnya peluang itu masih damanfaatkan oleh agen2 perusahaan yang justru oleh negara lain. bukan oleh kita sendiri.
    mengenai usulan2 tersebut kami dari Pengurus sedang mengupayakan agar bisa terwujud. berdasarkan pengalaman kami (di tahun 2003) langkah awal yang paling baik adalah membuat Data Base seluruh Teknisi yang mempunyai License Indonesia. karena selama ini Yang terjadi Pangsa Pasar ada tapi kita gak punya SDM yang bisa Dikirim karena kita belum punya Data Base yang Upto date. jadi infomasi hanya dari mulut ke mulut. oleh karena itu menghimbau dan sangat berharap agar seluruh rekan2 Teknisi mau Register, agar kita bisa punya Data Base yng Cukup Valid.
    sehingga jika ada Peluang yang Insya ALLAH pasti datang kita bisa memanfatkan peluang itu denga Baik !
    Terma Kasih
    Wassalamu’alaikum Wr Wb.

  9. sebelumnya maaf. pada dasarnya ITPI di adakan untuk progam sosialisasi baik untuk teknisi dan calon tehnisi,,,saya setuju dengan pembicaraan diatas, menyusul kejadian demi kejadian yang menimpa penerbangan di tanah air,, yang sebagai dampak utamanya TEHNISINya sendiri, sebagai contoh Saya lagi menempuh pendidikan Aeronautika di STTKD jogja,,, yang generasi sebelum saya sangat mudah untukmengajukan ujian basic lisense. kalau sekarang DSKU telah mencanangkan aturan baru dengan dasar AMTO 147. yang saratnya amat sangat berat kami apalagi biaya yang tidak sedikit untuk mengajukan basic lisence yang harus menempuh pendidikan lagi di sekolah yang di tunjuk DSKU untuk mengeluarkan lisence yaitu STPI curug,, yang biayanya sekitar 90 juta untuk mendapakan dua lembah kertas lisence A1 dam A4. tolong masalah yang menimpa generasi penerus tehnisi pesawat ini untuk di carika jalan terbaik yang tidak memberatkan.

  10. Salam se profesi….

    Rekan2 se profesi, sebagai informasi, bahwa pada tanggal 11 Juni 2009, hari kamis, bertempat di Litbang Perhubungan, telah terjadi Roundtable Discussion dengan tema “MENEUJU PEMBENTUKAN MAJELIS PROFESI PENERBANGAN DAN HARAPAN STAKE HOLDER”

    Salah satu pembahas utama adalah Bapak “WAHYU SUPRIYANTONO (Ketua Umum ITPI), jadi rekan2 semua mohon dukungan, secara moril dan meteril pada ITPI agar aspirasi-aspirasi rekan2 se profesi dapat kita suarakan dalam pembentukan MPP tersebut, karena ITPI adalah salah satu asosiasi profesi yang akan menjadi unsur-unsur dalam MPP. Jadi mari kita rapatkan barisan dan menyamakan visi dan misi kita sebagai seorang Teknisi (Engineer) pesawat udara. Jangan lupa MPP adalah amanah UU No. 1 tentang penerbangan….

    so “HAVE YOU BEEN A MEMBER OF ITPI?”

    Best regards, Somare

  11. Salam se Profesi

    Bertempat di Kantor SSU, jl. Rajawali, Tangerang, hari Kamis tanggal 18 Juni 2009,
    ITPI telah melaksanakan sosialisasi mengenai perubahan UU No.15 Tahun 1992 menjadi UU No. 1 Tahun 2009 serta sosialisasi tentang “PEMBENTUKAN MAJELIS PROFESI PENERBANGAN” dan peran serta ITPI.

    Yang di hadiri oleh teman-teman seprofesi dari beberapa Airline. Saya atas nama pengurus ITPI mengucapkan banyak terima kasih, semoga informasi yang teman2 peroleh dapat disebarkan keseluruh rekan-rekan se profesi.

    Regrads: Somare

  12. salam perkenalan n salam sejahtera

    saya didunia teknik penerbangan mgkn masih junior..
    dan saya baru krj selama 3.5 thn di workshop sebagai emergency equipment teknisi.
    tp saya pengen berkembang didunia penerbangan lebih luas lg..
    saya merasa ditempat krj yang sekarang ,beberapa mslh menghampiri saya..dr mulai gaji n janji2 owner ttg education.
    jika saya pengen terjun sebagai teknisi airlines, dan saya belum punya licence..

    mohon para senior bs bantu ksh solusi….

    apa yang harus saya lakukan…?

  13. Salam kenal. Maaf ingin sedikit berpendapat. Saya setuju dengan pendapat pak tasman.nuru.
    1.Penyaluran tenaga2 teknik profesional/tenaga out sourcing: Masalah lisensi bisa diatur dengan menjadi agen pelatihan otoritas asing sehingga lebih murah, misalnya FAA/CAA. Karena memiliki lisensi AMEL tidak harus dari Indonesia, apalagi untuk kerja di luar negeri.
    2.Menyelenggarakan pelatihan2 yg berhubungan dengan profesi seorang teknisi. Bisa secara online lewat internet sehingga bisa menekan biaya.
    3.Melaksanakan in house training bagi anggota agar pengetahuan dalam ilmu penerbangan selalu update dan juga pengetahuan mengenai IT. (sama seperti no 2).

  14. Selamat atas berdirinya organisasi profesi para ahli maintenance pesawat terbang. Salam kenal dari kami Lembaga Diklat Tetuko institute, di Jogjakarta. yang didirikan oleh para mekanik muda untuk regenerasi mekanik di indonesia
    alamat kampus kami di : Tetuko Building, jl. Sorosutan no.48, UH Yogyakarta 55162. Tlp. /Fax. 0274- 370686.
    Tentunya kami mengharap dapat merapat di komunitas mekanik untuk masukan bagi calon teknisi muda kami jurusan Airframe dan Powerplant (2tahun). Terima kasih.
    Hormat kami ,
    Murdyantara, Dir.Op

  15. mas mas,,,,,,,,,bg program2 itpi dunk….
    saya msh awam…..
    byak yg sy pelajari u/ mnjdi SDM yg baik…
    mas,,tolong bantuannya….

  16. Saya lulusan teknik elektro dan tertarik untuk jadi aircraft engineer. Mohon bantuan informasinya dari ITPI langkah2 yang bisa ditempuh untuk menjadi aircraft engineer dan dimana lembaga yang mengadakan pelatihan untuk license aircraft engineer. Terima kasih.

  17. Salam profesi,
    saya engineer Helicopter yang sedang Jobless,mungkin salah satunya AMEL saya sudah kadaluarsa,sampai sulit mendapatkan Job,sebelumnya saya pernah bekerja di PT Gatari Airservice selama lebih kurang 13 Thn..pertanyaan saya apakah dengan kondisi AMEL saya seperti imi masih mungkin untuk dapat Joint kembali di Penerbangan?..saya sudah mencoba menghubungi rekan2 yang masih aktif,menurut mereka Wajib di rekruit dahulu di perusahaan penerbangan,tetapi apa yang selama ini (Applyed) yang saya alami?..mereka minta Engineer yang siap Pakai! saya terus berfikir,sampai kapan saya akan di Rekruit,..AMEL saja Out of Date! para satu Profesi,adakah cara2 untuk dapat Aktif lagi di perusahaan penerbangan dengan kondisi seperti saya?
    Terimakasih.
    Salam Profesi.

  18. gimana kabar ITPI untuk kegiatan2nya
    kapan akan mengadakan diskusi antar para teknisi pesawat yg sekala besar melibatkan seluruh anggota

    salam
    bangkit
    http://www.adat.ae

  19. SElamat MAlam MAs2 Sekalian..
    Salam PIstoN Oy….

    MAs MAu nAnYA NIh…
    MOhon informasinya untuk referensi saya ke depan….!!!!!!

    1.untuk bisa seperti mas2 sekalin apasaja yg saya harus persiapkan sebagai seorang jurusan mesin kosentrasi mesin pesawat .

    2. salaty(gaji) TEknisi PEsawat udara / bukan nya BErapa Ya maS???

    TErimakish mohon maaf klu ada salh kata.

  20. salam engineering…..
    saya lulusan mechanic enginering berminat untuk menjadi aircraft enginer, langkah apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mewujudkannya….dan
    kepada ITPI mohon infonya tentang lisensi A1 dan A4,
    mulai dari tempat biaya contect yg dapat saya hub. dll.

    terima kasih…!!!

    • halo,,, nama sy EKA pndidikan D3 Tek.Aeronautika, No.HP: 081339609186. Untuk member ITPI Mhn bantuan info low krj di bidang teknisi/mekanik airlines atau apa aja deh.Mhn info apa aja ttg lowongan kerja yg sesuai dgn pendidikan sy tlg dkrm lwt sms/tlp ke no.HP sy. Mksh Bnyak.THX

  21. selamat malam mas….
    pekenalkan saya ade, sya bekerja di workshop di salah satu perusahaan di bandung. setelah melihat blog ini saya tertarik untu bergabung dengan itpi tapi ketika regirstrasi saya tidak dapat melakukan registrasi karena belum memiliki basic licence, amel ataupun rating, karena saya hanya seorang mechanic workshop itupun saya masih merintis untuk mendapatkan basic licence….jadi ada hal yang ingin saya tanyakan
    1. apakah itpi ini hanya untuk org2 yng memiliki basic licence,amel serta rating..??
    2. apakah lembaga itpi ini hanya untuk orang2 yang bekerja di Line maintenance dan tidak berlaku untuk di workshop..
    3. apakah orang AE seperti saya bisa bergabung ato hanya untuk EA saja…

    mohon maaf apabila ada kesalahan tulisan ato kata2 saya, karena sejujurnya saya hanya bertanya dan tidak ada maksud untuk menyinggung atau maksud lain yang dapat merugikan orang lain…sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terimakasih…

    ade

  22. halo, sy EKA pndidikan D3 Tek.Aeronautika, No.HP: 081339609186. Untuk member ITPI Mhn bantuan info low krj di bidang teknisi/mekanik airlines atau apa aja deh.Mhn info apa aja ttg lowongan kerja yg sesuai dgn pendidikan sy tlg dkrm lwt sms/tlp ke no.HP sy. Mksh Bnyak.THX

  23. salam untuk teknisi pesawat udara indonesia
    perkenalkan nama saya Anas dan status saya masih seorang pelajar dan saya sekolah di STM. Setelah saya membaca blog ini saya ingin bergabung dengan ITPI setelah saya lulus untuk thn depan yakni 2011. Dan ada beberapa pertanyaan dari Saya mengenai ITPI yaitu:

    1. saya hanya mempunyai pengetahuan di dunia otomotif baik di sekolah maupun diluar sekolah dan saya kurang paham tentang pesawat udara. apakah ada basic training untuk seorang pemula?
    2. apa saja yang harus dipersiapkan?
    3. Di daerah manakah ITPI berada?

    sekian pertanyaan saya mohon maaf apabila ada kesalahan ucap, tulisan ataupun menyinggung perasaan. Dan saya ucapkan Terima Kasih

    ITPI Semoga Sukses Selalu

    ANAS ^_^

  24. Salam kompak&selamat berjuang….

    M.Misbachudin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: